Keterangan: "Bupati Indah didampingi beberapa pimpinan SKPD melihat kreasi tumpeng non beras"
Berita IKP Rabu, 14 Agustus 2019 Dibaca 267 Kali
Inspiratif, SKPD dan Instansi Vertikal di Luwu Utara Hadirkan Kreasi Tumpeng Non Beras

Luwu Utara, -- Puluhan kreasi tumpeng disajikan di Lapangan Tennis Rujab Bupati Luwu Utara, Rabu (14/8).

Jika umumnya tumpeng dibuat menggunakan beras, di Luwu Utara, Dinas Ketahanan Pangan menggelar Lomba Tumpeng Non Beras dengan konsep Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang diikuti oleh SKPD dan Instansi Vertikal dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 RI.

"Peserta membuat tumpeng dari beberapa macam bahan pangan seperti sagu dan ubi dihiasi berbagai sayuran. Tujuan lomba untuk membudayakan kembali pangan lokal dari daerah kita khususnya sagu, ubi, pisang talas dan masih banyak lagi karena melihat kondisi sekarang ini konsumsi beras cukup tinggi,” ungkap Aisyah selaku Ketua Panitia.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berharap tidak hanya hari ini saja makan tanpa beras.

"Tetapi kedepannya makanan sehari-hari kita bisa diganti dengan sagu, paling tidak makan paginya atau makan malamnya," terang Indah.

Sekadar diketahui, 2018 lalu lomba yang sama juga digelar. Pada kesempatan itu Indah mencanangkan 'Galakkan Pelestarian Sagu' dan Gerakan Makan Berbahan Dasar Sagu'.

"Salah satu komoditi unggulan adalah sagu. Luwu Utara sendiri merupakan satu-satunya kabupaten di Sulawesi yang menggagas forum komunikasi kabupaten penghasil sagu seluruh Indonesia. Dan ternyata pengalaman histori di daerah penghasil sagu, sagu adalah satu-satunya tanaman pangan yang tahan lama dibandingkan yang lain," terang Indah.

Ia berharap melalui pencanangan pelestarian sagu dan gerakan makan berbahan dasar sagu, masyarakat Luwu  Utara bisa mengurangi konsumsi nasi. (Af/Rn)