Keterangan: "Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat memberikan arahan pada Penganugerahan Duta Anak Luwu Utara"
Berita IKP Kamis, 08 April 2021 Dibaca 262 Kali
"No One Left Behind", Bupati Luwu Utara Pastikan Pembangunan Berpihak pada Anak

Luwu Utara -- "No One Left Behind" - Tidak ada satupun orang yang tertinggal dalam pembangunan.

Hal tersebut kembali ditegaskan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menyampaikan arahan pada Penganugerahan Duta Anak Luwu Utara yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA), Kamis (8/4/2021) di Aula Hotel Bukit Indah Masamba.

"Kalau kita persentasekan hampir sepertiga jumlah penduduk Luwu Utara adalah anak-anak. Ada 30,54%, ini angka yang cukup besar, oleh karena itu tugas kami memastikan bahwa pembangunan kita berpihak pada mereka. Dan sesuai dengan SDGs, ada 17 tujuan SDGs dengan 169 indikator, dan di dalamnya cukup banyak terkait dengan anak baik secara langsung maupun tidak langsung. Mulai dari tujuan pertama misalnya tanpa kemiskinan, kedua tanpa kelaparan, kemudian bagiamana keadilan gender termasuk perlindungan anak, dan seterusnya sampai tujuan ke-17 sebenarnya tersurat dan tersirat bagaimana memberikan perlindungan dan pelayanan kepada anak," kata Indah.

Oleh karena itu, lanjut Indah, meski rasanya di Luwu Utara tidak juga sempurna tapi beberapa tahun lalu telah terbentuk Forum Anak.

"Forum ini sebagai wadah yang kita siapkan bagi anak-anak untuk mengambil bagian sebagaimana kita ketahui bahwa komitmen pemerintah "no one left behind" - tidak ada satupun warganya yang tidak terlibat atau tertinggal dalam pembangunan. Hal ini juga didukung dalam keterlibatan anak Luwu Utara pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang selalu kita laksanakan dari tingkat kecamatan hingga kabupaten," terang bupati perempuan pertama di Sulsle ini.

Melalui kesempatan yang baik tersebut, Indah juga mengapresiasi seluruh jajaran di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Perkenankan saya mengucapkan terimakasih kepada jajaran DP2PA yang sejak awal dibentuk telah memberikan dedikasi, kerja keras dan kerja cerdas dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Luwu Utara. Saya senang sekali karena seluruh pemangku kepentingan juga mengambil bagian, terima kasih kepada teman-teman Forkopimda. Mewakili jajaran pemerintah daerah, saya juga mengucapkan selamat atas penganugerahan duta anak kepada seluruh anak yang hadir pada hari ini sebagai bentuk perwakilan anak-anak kita yang ada di Luwu Utara," tutur ibu dua anak ini. (Rn)