Keterangan: "Kepala PT Taspen Palopo, Gideon Bandah (kiri), Kepala BKPSDM Luwu Utara, Nursalim Rahmat (tengah), d"
Berita IKP Kamis, 23 Maret 2017 Dibaca 456 Kali
ASN Akan Terlayani Klaim Otomatis Taspen

Masamba, ---- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)  Kabupaten Luwu Utara bekerjasama dengan PT. Taspen menggelar Sosialisasi program Taspen, bertempat di Aula Rapat Wakil Bupati, Kantor Bupati Luwu Utara, Masamba, Kamis (23/3).

Kepala BKPSDM Luwu Utara, Nursalim Ramli, mengatakan, sosialisasi tersebut dilaksanakan sebagai wadah pemahaman tentang ketaspenan bagi segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) pemkab Luwu Utara.

"Minimnya pengetahuan tentang ketaspenan menjadi salah satu persoalan sebagian besar ASN," ujar Nursalim.

Kepala PT Taspen Cabang Palopo, Gideon Bandah, di kesempatan itu, menyebutkan PT Taspen menargetkan seluruh ASN sudah terlayani klaim otomatis pencairan uang pensiun.

"Saat memasuki pensiun ASN tidak lagi harus mengurus uang pensiun ke Taspen, tapi dananya langsung ditransfer ke rekening pensiunan," kata dia.

Untuk itu, menurut Gideon, PT Taspen akan melakukan layanan jemput bola bagi ASN yang akan mengurus dan memasuki masa pensiun.

"Selain klaim otomatis, Taspen juga sudah mengembangkan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Tabungan Hari Tua (THT)" tuturnya

Layanan tersebut menerapkan prosedur yang cukup mudah, yakni mendapatkan verifikasi dan validasi dari BKN bahwa telah terjadi kecelakaan ASN saat menjalankan tugas.

Demikian juga klaim JKM, di mana keluarga ASN atau pensiun cukup melampirkan surat kematian dari Kelurahan ataupun dari instansi tempat ASN bekerja untuk kemudian dicairkan. (ikp-kominfo)