Keterangan: "Update Terkini Covid-19 di Luwu Utara per Tanggal 30 Mei 2020"
Berita Lukman Sabtu, 30 Mei 2020 Dibaca 2306 Kali
Empat Hari Tanpa Kasus Konfirmasi Positif, Hari Ini Dua Warga Masamba Positif Covid-19

Luwu Utara --- Sejak tanggal 25 sampai 29 Mei 2020, kasus konfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Luwu Utara tak lagi bertambah. Tentu ini kabar yang baik bagi masyarakat Luwu Utara, meski secara nasional kasus positif malah semakin meningkat seiring kebijakan pemerintah menerapkan “new normal life”.

Namun, di pengujung Mei, kasus konfirmasi positif kembali bertambah dua kasus di Lutra. “Memasuki new normal, kasus positif kembali bertambah dua. Penambahan terjadi dari hasil contact tracing yang dilakukan di pasar Masamba dan skrining rapid test di RS Hikmah,” ungkap Jubir Penanganan Covid-19, Komang Krisna, Sabtu (30/5/2020).

Dua penambahan kasus adalah berinisial BB (42) dan MF (22). Keduanya warga Kecamatan Masamba, dan akan dibawa ke Makassar untuk dilakukan karantina. “Kasus positif berinisial BB berasal dari klaster pasar, sehingga sampai saat ini total kasus positif di Luwu Utara sebanyak 43 kasus. 27 sembuh dan 16 masih dalam proses karantina,” jelas Komang.

Komang menjelaskan, pandemi covid-19 mengajarkan seseorang tentang kejujuran, attitude/sikap yang baik terhadap arti penting kesehatan. “Setiap orang bertanggung jawab pada kesehatannya sendiri sebagai investasi kesehatan dan modal pembangunan. Di mana modal ini tidak dapat ditukar dengan rupiah sekalipun,” papar dia.

Khusus untuk pandemi covid-19, lanjut Komang, intervensinya sudah jelas dan sangat terang benderang, protokol WHO juga sudah terpampang luas, tinggal masyarakat mau patuh atau tidak. “Memilih separuh dari protokol kesehatan berarti kita akan memperpanjang kasus covid-19 dan semakin mempertontonkan ketidakmampuan diri dalam melawan virus ini,” tutup dia. (LH)