Keterangan: "Bupati Lutra saat Menghadiri Pelantikan IKAT Tana Luwu"
Berita Lukman Sabtu, 01 April 2017 Dibaca 876 Kali
Hadiri Pelantikan IKAT Tana Luwu. Ini Pesan Bupati Indah

Palopo --- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Sabtu 1 April 2017, menghadiri acara Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Tana Toraja (IKAT) se-Tana Luwu Periode 2017 – 2020. Pelantikan yang dihadiri beberapa tokoh Tana Luwu dan Tana Toraja itu dihelat di Gedung SaodenraE Convention Center (SCC) Kota Palopo. Gedung berkapasitas ribuan tempat duduk itu nampak penuh sesak oleh pengurus dan anggota IKAT serta para tetamu dan pengunjung lainnya.

Indah Putri Indriani nampak terlihat menikmati berbagai persembahan tarian dan pagelaran budaya Toraja. Beberapa kali senyum menghiasi wajahnya, sebagai tanda kenyamanan berada di tengah-tengah para pengurus dan anggota IKAT yang dilantik secara langsung oleh Ketua Persatuan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Pusat, Frederik Batong.

Usai pelantikan, Bupati Indah mengucapkan selamat kepada pengurus dan anggota IKAT Tana Luwu periode 2017 - 2020. “Selamat kepada pengurus IKAT Tana Luwu Periode 2017 – 2020, dan selamat bekerja,” ujar Indah di hadapan beberapa awak media yang mendatanginya. Selain ucapan selamat, Indah juga menitip harapan kepada IKAT Tana Luwu.

“Dengan keberadaan IKAT ini, kami harap bisa menjadi perpaduan antara dua budaya menjadi perekat bagi daerah kita dan menjadi sumber kekuatan untuk sama-sama membangun Tana Luwu menjadi semakin baik dari waktu ke waktu,” tutur Indah.

Masih menurut Indah, IKAT Tana Luwu adalah salah satu organisasi yang simbolnya menggunakan Pajung Ri Luwu. Itu artinya, kata Indah, sudah menjadi kewajiban seluruh pengurus untuk menjaga kemuliaan Tana Luwu dan memayungi seluruh masyarakat tanpa mengenal sekat budaya, sekat adat dan sekat agama.   

“Ingat, selain pemerintah daerah yang berada di bawah Kedatuan Luwu, IKAT Tana Luwu menjadi salah satu organisasi yang juga menggunakan simbol Payung. Artinya menjadi kewajiban bagi seluruh pengurus untuk mjaga kemuliaan Tana Luwu, mamayungi seluruh masyarakat tanpa mengenal sekat budaya, sekat adat dan sekat agama dalam menjalankan program kerjanya,” pugkas Indah

Sebelumnya, ada pernyataan menarik yang dilontarkan salah seorang tokoh Tana Toraja, Djuli Mambaya. Dia sempat memberikan gambaran sosok Bupati Luwu Utara. Menurut Kepala Dinas PU Provinsi Papua ini, Bupati Indah Putri adalah sosok kepala daerah yang bertangan besi. “Yang saya hormati Bupati Luwu Utara. Beliau adalah seorang Bupati bertangan besi,” ujar Djuli. Lain lagi yang dilontarkan Ketua PMTI Frederik Batong. Menurutnya, Bupati Indah Putri adalah Bupati tercantik yang ada di Indonesia (humas)