Keterangan: "Pjs Bupati Iqbal Suhaeb saat memberikan arahan pada kegiatan Pendampingan SAKIP oleh Tim SAKIP Provinsi."
Berita Lukman Rabu, 21 Oktober 2020 Dibaca 198 Kali
Iqbal Suhaeb Optimistis Nilai SAKIP Luwu Utara Bisa Meningkat

Luwu Utara --- Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara terus berupaya menaikkan predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari nilai B di 2019 menjadi BB di 2020. Jika melihat catatan capaian SAKIP Luwu Utara tiga tahun terakhir, Pemda Lutra sebenarnya berada pada track yang benar. Di mana sejak 2017 – 2019, nilai SAKIP Luwu Utara terus mengalami peningkatan.

Pada 2017, SAKIP Luwu Utara meraih predikat CC dengan nilai 56,90. Di 2018, SAKIP Luwu Utara meningkat dengan meraih predikat B (60,13) atau naik 3,23. Sementara di 2019, tetap dengan predikat B, tapi nilai SAKIP-nya naik 2,37 menjadi 62,50. Hasil tiga tahun terakhir ini memberi gambaran bahwa keinginan Pemda Lutra untuk terus menaikkan predikat dan nilai SAKIP-nya bukan sekadar keinginan tanpa usaha.

Nah, untuk meningkatkan predikat dan nilai SAKIP Luwu Utara, digelarlah pertemuan antara Tim Penguatan SAKIP Pemda Lutra dengan Tim SAKIP Pemprov Sulsel, Rabu (21/10/2020), di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara. Kehadiran Tim SAKIP Pemprov Sulsel juga sekaligus memberikan pendampingan kepada Tim SAKIP Luwu Utara. Pertemuan ini dibuka Pjs Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb.

Dalam arahannya, Iqbal sangat berharap capaian SAKIP Luwu Utara tahun ini bisa lebih meningkat, dari predikat B menjadi BB. “Pada 2019, SAKIP Luwu Utara meraih predikat B. Tahun ini, kita berusaha dan menargetkan predikat dan nilai SAKIP kita bisa lebih baik lagi,” harap Iqbal. Untuk mewujudkan itu, Iqbal meminta seluruh Perangkat Daerah tetap bekerja sesuai dengan perencanaan dan mengikuti aturan yang berlaku.

“Kami minta semua Perangkat Daerah bekerja sesuai aturan. Tidak boleh ada yang keluar dari aturan yang ada, serta harus memiliki standar operasional, sehingga nantinya pekerjaan yang dilakukan tetap berada dalam koridor aturan yang berlaku,” tutur Iqbal. Hal tersebut menjadi penting, mengingat masyarakat membutuhkan pelayanan yang baik dari pemerintah, sehingga dengan sendirinya akan mendorong peningkatan predikat SAKIP Luwu Utara.

Iqbal optimistis Pemda Lutra mampu mewujudkan itu, tapi dengan catatan, seluruh Kepala Perangkat Daerah berkomitmen dan serius mendorong terciptanya reformasi birokrasi di unit kerja masing-masing. “Apalagi saat ini hadir di tengah-tengah kita Tim SAKIP Provinsi Sulawesi Selatan yang akan memaparkan rekomendasi dan melakukan pendampingan guna peningkatan pelayanan di Luwu Utara,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Tim Pendamping SAKIP Pemprov Sulsel yang hadir, Asisten Administrasi Setda Provinsi Tautoto T.R, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Andi Mirna, TGUPP Provinsi Prof. Dr. Sangkala,. M.Si, Kepala Bagian Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja Biro Organisasi Setda Provinsi A. Arifin Iskandar, serta Tenaga Ahli TGUPP Provinsi Dr. Zulkifli Aspan. Dari Pemda Lutra hadir Sekda Armiady, dan para Kepala Perangkat Daerah. (Vk/LH)