Keterangan: "Sosialisasi Aplikasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting."
Berita Lukman Kamis, 09 Juli 2020 Dibaca 339 Kali
Kemendagri Sosialisasikan “Puja Indah”

Luwu Utara --- Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar sosialisasi Aplikasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (7/7/2020) kemarin. Sosialisasi ini diikuti Pemerintah Daerah se-Indonesia, dan dibuka Kepala BPP Kemendagri A. Fatoni.

Kepala Balitbangda Pemda Lutra, Anugerah M. Ali Anwar, yang juga mengikuti sosialisasi ini dari Warkop Indah Kantor Bupati Luwu Utara, mengatakan bahwa aplikasi Puja Indah adalah aplikasi terintegrasi yang menjadi satu kesatuan layanan saat. Dan ini, kata dia, baru tersedia 13 layanan pemerintahan daerah yang sesuai dengan urusan pemerintahan daerah.

Anugerah menyebutkan, 13 layanan itu adalah: (1) aplikasi layanan pendidikan; (2) kesehatan; (3) ketenagakerjaan; (4) kependudukan; (5) komoditi; (6) perizinan lokal; (7) aspirasi masyarakat; (8) ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat; (9) sosial, (10) pariwisata, (11) pekerjaan umum, (12) perhubungan; serta (13) administrasi pemerintahan.

“Harapan kita bersama kiranya aplikasi gratis ini dapat direplikasi untuk percepatan pelayanan dan kemajuan, khususnya di Kabupaten Luwu Utara,” ujar Anugerah berharap. Inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, kata dia, sudah menjadi sebuah keniscayaan. Untuk itu, dibutuhkan pelayanan cepat, tepat dan efesien dengan terobosan yang inovatif.

“Kita diharapkan setelah mengikuti sosialisasi dapat memahami bagaimana penerapan layanan inovasi dalam hal substansi kegiatan maupun pengenalan sistem aplikasi, tapi semua kembali pada komitmen daerah ,” pungkasnya. Sekadar diketahui Puja Indah adalah program prioritas nasional untuk membantu daerah yang memiliki keterbatasaan anggaran. (LH)