Keterangan: "Pelatihan dari Kementerian PPPA RI di Panampung Radda, Baebunta."
Berita Lukman Kamis, 12 November 2020 Dibaca 184 Kali
Kementerian PPPA Laksanakan 12 Kegiatan Pelatihan Bagi Penyintas Bencana di Luwu Utara

Luwu Utara --- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia melaksanakan 12 kegiatan sosialisasi dan pelatihan di dua kecamatan terdampak bencana banjir bandang, masing-masing Masamba dan Baebunta.

Khusus kegiatan pelatihan dipusatkan di lokasi pengungsian Dusun Panampung Desa Radda Kecamatan Baebunta. Sementara kegiatan sosialisasi dipusatkan di Kecamatan Masamba. Kegiatan ini dilaksanakan atas permintaan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

 Asisten Deputi (Asdep) Bidang Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha Kementerian PPPA, Sri Prihartini Wijayanti menyebutkan, pelatihan di Panampung ini dilakukan atas permintaan Pemda Lutra yang ingin memberikan penguatan kepada para penyintas bencana.

“Harapan kita, mereka yang terkena musibah tetap bisa berdaya, walaupun ada hal-hal yang membuat mereka terpuruk. Namun, dengan kegiatan pelatihan yang kita lakukan, kondisi ini bisa cepat berubah dan mereka bisa kembali bangkit dari situasi ini,” jelas Sri.

Seluruh pelatihan dibuka hari ini, Kamis (12/11/2020), oleh Asdep Bidang Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha Kementerian PPPA, Sri Prihartini. Pelatihan meliputi pelatihan memasak/kuliner, pelatihan pengelolaan usaha, dan pelatihan hidroponik.

Juga ada pelatihan pertukangan dan menjahit/merangkai bunga. Masing-masing pelatihan diikuti 30 orang. Semuanya para penyintas bencana. Pelatihan ini dilaksanakan 2 hari, 12 – 13 November. Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dijadwalkan akan meninjau pelatihan ini, Jumat 13 November 2020, besok. (Am/LH)