Keterangan: "Diklat SAR MDMC Luwu Utara"
Berita Lukman Jumat, 16 Oktober 2020 Dibaca 303 Kali
MDMC Luwu Utara Siapkan Relawan Tangguh Bencana Melalui Ditlat SAR

Luwu Utara --- Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) SAR selama empat hari, yaitu mulai 15 – 18 Oktober 2020. Lokasinya berada di empat tempat, yaitu Sungai Masamba, Sungai Pincara, Hutan Desa Meli dan MTs Muhammadiyah Masamba.

Untuk kegiatan water rescue atau pertolongan dan penyelamatan korban bencana akan dilakukan di sungai Masamba dan sungai Pincara. Sementara untuk kegiatan jungle rescue atau pencarian dan evakuasi korban bencana akan dilakukan di hutan desa Meli. Diklat SAR ini dimaksudkan untuk membentuk relawan kemanusiaan yang tangguh, siap, dan siaga terhadap potensi bencana yang ada di Indonesia, khususnya di Luwu Utara.

Pesertanya 36 orang yang melibatkan para pengurus dan anggota MDMC Luwu Utara. Panitia kegiatan mendatangkan instruktur berpengalaman dari MDMC Pusat Bidang Pendidikan dan Pelatihan. “Kita berharap kegiatan ini sebagai media awal menciptakan relawan tangguh bencana yang selalu siap dan siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana,” kata Asisten I Pemda Lutra, Jumal Jayair Lussa, saat membuka Diklat SAR, Kamis (15/10/2020) kemarin.

Sebelumnya, Sekretaris Panitia Diklat SAR MDMC Luwu Utara, Mardiyah, menyebutkan bahwa Diklat SAR menggunakan metode diskusi sarasehan, simulasi dan praktek lapangan sebagai upaya untuk mengaplikasikan metode penyelamatan pada saat terjadi bencana. “Materi Diklat SAR antara lain manajemen penanggulangan bencana, pemahaman teknis water rescue, pengenalan evakuasi dan pemahaman teknis jungle rescue,” sebut Mardiyah. (LH)