Keterangan: "Ketua KKMB Sulsel, Andi Muallim, saat mengukuhkan KKMB Luwu Utara di Kecamatan Sukamju, Rabu (30/11/"
Berita Lukman Kamis, 30 November 2017 Dibaca 396 Kali
Muallim Nostalgia di Luwu Utara, Bupati Indah Bilang To Iporennu Pulang Kampung

Sukamaju --- Kedatangan Andi Muallim ke Luwu Utara pada Senin (29/11) kemarin rupanya mendapat respon yang cukup tinggi dari masyarakat. Saat mengukuhkan Pengurus Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKM) Kabupaten Luwu Utara di Lapangan Subiantoro Kecamatan Sukamaju, Muallim mengaku telah melepas kerinduannya di Luwu Utara. “Saya ini warga Luwu Utara. Saya ke Luwu Utara berarti saya kembali ke rumah saya,” ujar Ketua DPP-KKMB Provinsi ini. 

12 tahun silam, tepatnya 2005, Muallim memimpin pemerintahan di Kabupaten Luwu Utara sebagai Penjabat Bupati, dengan tugas utama menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah secara Langsung (Pilkadasung) di daerah pecahan Kabupaten Luwu tersebut. Dengan durasi pengabdian “hanya” kurang lebih sembilan bulan, Muallim oleh masyarakat dinilai berhasil memoles wajah Luwu Utara.

“Saya sangat senang dan bangga bisa datang kembali di Luwu Utara ini. Waktu saya masuk rumah jabatan tadi, ibu Bupati menyambut tangan saya dan beliau katakan, To Iporennu pulang kampung,” ujar Muallim di hadapan warga Sukamaju. To Iporennu adalah gelar adat yang diberikan kepadanya saat menjabat Bupati di Luwu Utara yang kurang lebih berarti sosok yang dirindukan.

Bukan itu saja, Muallim juga bercerita kala diberikan gelar adat lainnya berupa To Pelalundunan. Gelar adat ini adalah penghargaan tertinggi adat Rongkong yang berarti sang pengayom atau pelindung. “Saya juga masih ingat diberi gelar adat dalam sebuah acara besar di Rongkong, namanya To Pelalundunan. Saya tanya apa artinya, ternyata To Pelalundunan adalah pengayom atau pelindung,” ujarnya bernostalgia.

Sementara itu, Bupati Indah Putri Indriani dalam sambutannya tak lupa menyebut nama Muallim dengan sebutan To Iporennu. Indah juga memberikan ucapan selamat kepada pengurus KKM Bone yang telah dikukuhkan. Indah berharap, KKM Bone tetap mengawal jalannya proses pembangunan di Lutra. “Selamat kepada DKP-KKM Bone yang baru saja dikukuhkan. Teruslah bekerja dalam mengawal jalannya proses pembangunan di Luwu Utara ini,” tandas Indah.

Dalam acara ini, selain Bupati Indah Putri dan Ketua KKMB Sulsel Andi Muallim, beberapa tokoh juga hadir di acara yang juga dirangkaikan dengan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW ini, di antaranya Dewan Pengurus Nasional KKMB Nurdin Halid, Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi, Ketua DPRD Lutra Mahfud Yunus dan para Anggota DPRD lainnya, serta para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda (LH)