Keterangan: "Ilustrasi"
Berita IKP Senin, 10 Juli 2017 Dibaca 213 Kali
Nelayan Luwu Utara Diasuransikan, Target 1500 Jiwa

Masamba, -- Sebanyak 256 nelayan di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, telah diasuransikan oleh pemerintah terkait aktivitasnya sebagai nelayan.


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara, Muharwan, mengatakan, untuk tahun 2017, ditargetkan sebanyak 1.500 orang nelayan di Luwu Utara akan diusulkan mendapatkan asuransi.


“Mereka tersebar di wilayah pesisir Kabupaten Luwu Utara, yakni di Kecamatan Tanalili, Malangke, Bone-bone, dan Malangke Barat,” ungkap Muharwan, di Masamba, Senin (10/7/2017).


Ia menambahkan, dengan adanya kartu asuransi tersebut, maka bagi nelayan yang mengalami kecelakaan di saat melakukan aktivitasnya akan mendapat santunan.


Untuk kecelakaan di laut hingga menyebabkan kehilangan nyawa akan dibayar sebesar Rp 200 juta, sedangkan cacat akan dibayar sebesar Rp 100 juta.


Sementara apabila meninggal di luar aktivitas menangkap ikan akan dibayar sebesar Rp160 juta, cacat sebesar Rp 100 juta serta biaya perawatan Rp 20 juta.


Muharwan menyebutkan, nelayan yang mendapatkan kartu asuransi tersebut adalah nelayan kecil yang mengoperasikan boat pencari ikan di bawah 10 GT. Sedangkan kapasitas boat diatas ukuran tersebut, tidak diberikan asuransi.


Senada dengan itu, kepala seksi Usaha, Iptek dan Informasi Dinas Perikanan Luwu Utara, Vilda Pratiwi menambahkan, syarat utama nelayan untuk mendapatkan asuransi haruslah mempunyai Kartu Nelayan yang masih berlaku.


“Untuk syarat secara umum, serta formulir permohonan bisa didapatkan melalui penyuluh perikanan, atau didownload pada website resmi Pemkab Luwu Utara, Luwuutarakab.go.id,” imbuh dia. (Ant/RN/Kominfo)