Keterangan: "Pjs Bupati Iqbal Suhaeb saat menerima bantuan velbed secara simbolis dari Kementerian PUPR."
Berita Lukman Selasa, 20 Oktober 2020 Dibaca 376 Kali
Pemda Lutra Terima Bantuan 310 Velbed dari Kementerian PUPR untuk Pengungsi Banjir Bandang

Luwu Utara --- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara menerima bantuan 310 velbed dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bantuan diserahkan oleh Koordinator Kebencanaan PUPR-RI Arba’i M. Ab. dan diterima Pjs Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb, Selasa (20/10/2020), di Ruang Kerja Bupati.

Bantuan velbed atau tempat tidur portable yang sifatnya darurat dan sementara ini adalah bantuan hibah dari Direktorat Perumahan Rakyat Kementerian PUPR. “Sebenarnya bantuan ini sudah sejak lama kami mau serahkan, tapi kami baru punya kesempatan untuk bisa datang langsung ke Luwu Utara, sambil meninjau perkembangan pascabencana,” kata Arba’i.

Dia mengatakan bahwa pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR terus memberikan perhatian kepada Luwu Utara agar segera bangkit kembali pasca-kejadian banjir bandang pada 13 Juli 2020 lalu. “Insya Allah, kami terus memantau perkembangan di sini, khususnya yang terkait dengan hunian tetap (huntap) bagi korban bencana,” terang dia.  

“Bantuan ini memang sedikit dan tak seberapa, tapi tentu kami berharap semoga bantuan velbed ini bisa sedikit membantu meringankan beban para korban bencana di Luwu Utara. Semoga bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman para korban bencana yang masih tinggal di tempat-tempat pengungsian,” sambungnya.  

Sementara itu, Pjs Bupati Luwu Utara, Iqbal Suhaeb, mengatakan bahwa bantuan velbed yang diterima Pemda Lutra untuk disalurkan kepada para korban bencana bisa sedikit membantu. “Bantuan ini tentu sangat menolong dan sangat bermanfaat bagi masyarakat korban bencana, apalagi yang masih tinggal di tenda-tenda pengungsian,” kata Iqbal.

Terkait lokasi pembangunan hunian tetap, pihak Pemda Lutra juga terus mencari lokasi yang sudah terjamin tidak memiliki masalah. “Kami sangat berterima kasih atas segala bantuan dari pemerintah pusat. Insya Allah, kami akan menggunakan bantuan ini seoptimal mungkin kepada keluarga kita yang terkena musibah banjir bandang,” pungkasnya.

Luwu Utara adalah salah satu dari dua daerah yang mendapat bantuan velbed dari Kementerian PUPR. Selain Lutra, Kabupaten Sukabumi juga mendapatkan bantuan yang sama. Turut hadir, Sekda Armiady, Ketua DPRD Basir, Kapolres AKBP Agung Danargito, Pabung Mayor Arm Syafaruddin, Kalaksa BPBD Muslim Muhtar dan Kadis PRKP2 Syamsul Syair. (Mr/LH)