Keterangan: "Ekspose PKS Jas Mulia"
Berita IKP Kamis, 03 Agustus 2017 Dibaca 452 Kali
PKS Jas Mulia Bakal Olah Limbah Sawit Jadi Energi Listrik

Masamba, – Limbah kelapa sawit milik Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Jas Mulia yang ada di Desa minanga Tallu Luwu Utara bakal diolah menjadi biogas yang dimamfaatkan sebagai energi listrik bagi warga.

“Limbah cair yang dihasilkan dari pabrik ini akan dimamfaatkan sebagai biogas untuk energi listrik,” tutur perwakilan manajemen PKS Jas Mulia, Yudistira pada ekpose pengelolaan limbah sawit, di Masamba, Kamis (3/8/2017)

Yudistira menjelaskan manfaat dari dikelolahnya limbah sawit ini yakni mengurangi emisi rumah kaca, menghasilkan energi, mengurangi polusi lingkungan, mendorong peningkatan produksi sawit, meningkatkan kualitas buangan air dan lapangan kerja baru.

Penanganan limbah tersebut mnggunakan sistem kolam terbuka  dan didukung oleh pengelolaan sisten yang memadai.

“Kolam limbah akan ditutup rapat sehingga  tidak merembes, kami bisa menjamin hal tersebut akan aman lingkungan” kata dia.

Yudistira menyebutkan, PKS Jas Mulia berpotensi menghasilkan energi listrik sebesar 1.500 Kwe. Untuk itu ia meminta dibantu dalam proses perizinan terkait rencana ini.

Asisten administrasi Pemerintahan Pemkab Luwu Utara, Andi Sarappi, mengatakan keberadaan PKS Jas Mulia sangat membantu dalam pemasaran produksi kelapa sawit para petani di Luwu Utara.

Namun menurut dia, PKS Jas Mulia tetap harus memperhatikan limbah dan dampak lingkungan dari keberadaan pabrik.

“Petani kita sangat terbantu, namun PKS Jas Mulia tetap mempunyai tanggungjawab dalam pengelolaan limbah sawit, agar tidak terjadi pencemaran lingkungan sehingga warga sekitar pabrik dapat hidup secara nyaman,” kata Andi Sarappi. (Ant/RN/Kominfo)