Keterangan: "Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, saat menghadiri Penutupan PORDA XVI di Kabuoaten Pinra"
Berita Lukman Minggu, 30 September 2018 Dibaca 391 Kali
PORDA XVI Resmi Ditutup, Luwu Utara Raih 28 Medali

Pinrang --- Tirai Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVI resmi ditutup, Minggu (30/9), di Stadion Bau Maseppe Kabupaten Pinrang. Makassar berhasil menjadi juara umum dengan raihan medali terbanyak dengan 103 emas, 76 perak dan 67 perunggu. Posisi dua dan tiga ditempati Kabupaten Pangkep (28-23-32) dan Selayar (28-23-26). Luwu Utara sendiri harus puas di posisi 21 dengan 3 emas, 9 perak, dan 16 perunggu. Total Luwu Utara mengumpulkan 28 medali, dari target awal 50 medali.

Sebenarnya, Kabupaten Luwu Utara berkesempatan menambah medali emas keempat di cabang olahraga paling akbar, sepak bola. Namun, emas yang sudah ada di depan mata urung diraih karena Kabupaten Luwu Utara kalah dari Kabupaten Toraja Utara di final dengan skor tipis 0-1. Luwu Utara harus puas dengan medali perak. Sementara perunggu diraih bersama oleh Kabupaten Maros dan Enrekang.

Meski hasil yang diraih jauh dari target yang diharapkan, tapi setidaknya Luwu Utara patut bersyukur karena 3 keping emas berhasil dikantongi. Tiga emas dipersembahkan dari cabang olahraga Taekwondo Putri, Voli Pasir Putri dan Voli Indoor Putri. Semua emas dipersembahkan kaum hawa. Wakil Bupati Luwu Utara Muhammad Thahar Rum yang hadir dalam acara penutupan PORDA meminta seluruh atlet dan stakeholder terkait lainnya untuk terus mengasah kemampuan agar prestasi bisa diperbaiki.

“Kita tetap bersukur dan berterima kasih kepada para atlet, pelatih, dan ofisial lainnya, yang telah berjuang sampai tetes keringat terakhir di kancah multi event ini, meski hasilnya belum terlalu memuaskan. Insya Allah, ke depan, kita akan tingkatkan lebih baik lagi dengan jalan terus mengasah kemampuan dan mental bertanding,” harap Thahar.

PORDA XVI Pinrang ditutup oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tautoto TR, mewakili Gubernur Nurdin Abdullah. Dalam sambutan tertulis Gubernur, Tautoto mengucapkan terima kasih kepada seluruh kontingen dari masing-masing daerah kabupaten/kota yang telah mengikuti pesta olahraga terakbar di tingkat  daerah ini. “Ajang ini adalah ajang pencarian bibit dalam rangka mempersiapkan atlet untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional di Papua mendatang. “tandas Tautoto. (LH/YM/HMS)