Keterangan: "Tugu Kakao Kabupaten Luwu Utara"
Berita Lukman Jumat, 31 Juli 2020 Dibaca 142 Kali
Prakiraan BMKG 31 Juli 2020; Masamba Pagi Ini Cerah Berawan

Luwu Utara --- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data prakiraan cuaca untuk wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) dan sekitarnya pada hari ini, Jumat (31/7/2020). Berdasarkan data BMKG, Sulsel hari ini diperkirakan cerah berawan, mulai pagi sampai sore.
Sementara untuk malam hari hingga dini hari, potensi berawan.

Bagaimana di wilayah Masamba? BMKG melalui Prakirawan BMKG Makassar memprediksi, Masamba cerah berawan di pagi hari, tapi berpotensi hujan ringan mulai siang sampai malam dini hari nanti. Adapun suhu udara berkisar 19 - 33°C, dengan kelembaban udara 60 – 95. Kecepatan angin dari timur ke tenggara berkisar 10 – 40 km/jam.

Dengan prediksi cerah berawan di pagi hari, pelaksanaan salat iduladha di wilayah Masamba kabupaten Luwu Utara, bisa berjalan lancar tanpa gangguan kondisi cuaca. Kendati demikian, masyarakat tetap harus menyiapkan alat pelindung dari hujan untuk menjaga terjadinya hujan ringan, mengingat ini baru perkiraan BMKG.

BMKG juga merilis data peringatan dini untuk moderate sea atau ketinggian air di selat Makassar bagian Selatan, perairan Spermonde Pangkep bagian Barat, perairan Barat Kepulauan Selayar, perairan Timur Kepulauan Selayar, laut Flores bagian Utara, serta perairan Bonerate – Kalaotoa bagian Utara, dengan gelombang antara 1,25 – 2,5 meter.

BMKG juga meriilis data peringatan dini untuk rough sea yang berpeluang terjadi di laut Flores bagian Timur, dengan ketinggian ombak mencapai 2,5  - 4,0 meter. Prakiraan BMKG dirilis prakirawan BMKG di Makassar dan dibuat pada 30 Juli 2020 pukul 14.00 wita.  Dengan adanya  data prakiraan BMKG, masyarakat diimbau tetap waspada. (LH)