Keterangan: "Staf Ahli Bupati Luwu Utara, Bidang Pembangunan SDM dan Kemasyarakatan, Jumail Mappile (kiri) bersam"
Berita IKP Kamis, 20 Juli 2017 Dibaca 274 Kali
Satpol PP Luwu Utara Masuk Kampung, Wujud Peningkatan Kualitas Layanan

Masamba, -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan galakkan program Satpol PP Masuk Kampung (SMK), sebagai perwujudan program Nawacita Presiden Jokowi dan Misi Bupati Luwu Utara.

"Pencanangan Satpol PP masuk kampung diutamakan untuk desa yg dianggap rawan bencana, kekerasan dan perselisihan," ungkap Kasatpol PP Luwu Utara, Asfar Syafar, di Masamba, Kamis (20/07).

Menurut Asfar, selain sebagai aparat Pemerintah, Satpol PP juga bagian dari masyarakat, yang punya peran untuk membantu masyarakat desa dalam hal seperti kegiatan gotong royong, penanggulangan bencana, keamanan warga dan kegiatan sosial lainnya.

Gerakan ini juga akan didukung dengan pemberdayaan anggota Linmas setiap desa.

"Anggota Linmas disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan fungsinya," lanjut dia.

Ia menyebutkan, Satpol PP akan bertekad untuk berbenah diri dan memperbaiki kualitas agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat.

Staf Ahli Bupati Luwu Utara, Bidang Pembangunan SDM dan Kemasyarakatan, Jumail Mappile, berharap program Satpol PP Masuk Kampung dapat segera direalisasikan.

Selain itu, Ia menekankan perlunya pemberdayaan fungsi Linmas, agar dapat berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara umum.

"Hilangkan distorsi tupoksi Linmas, yang hanya hadir saat ajang Pemilu, Pilkades dan hajatan lainnya," pinta dia. (Ant/RN/Kominfo)