Keterangan: "Pelaksanaan swab massal perkantoran di BPBD Luwu Utara."
Berita Lukman Kamis, 12 November 2020 Dibaca 201 Kali
Swab Massal Perkantoran Baru 31,43%, Iqbal Minta yang Belum Swab Dijadwal Ulang

Luwu Utara --- Pelaksanaan swab massal di perkantoran belum berjalan sesuai harapan. Pasalnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Luwu Utara baru merampungkan pengambilan spesimen terhadap 823 pegawai atau baru 31,43% dari target 3.000 pegawai.

Dari 823 pegawai, ada 15 yang terkonfirmasi positif Covid-19, dan tindakan yang dilakukan adalah isolasi mandiri. Jubir Penanganan Covid-19 Luwu Utara, I Komang Krisna, mengatakan, Tim Gerak Cepat (TGC) masih akan melanjutkan swab massal di wilayah terpencil.

Meski masih ada Perangkat Daerah (PD) yang belum bersedia dilakukan swab massal, pihaknya masih berharap kepada PD agar secara sukarela datang ke Posko TGC untuk dilakukan swab massal dalam rangka menurunkan angka Pr dan Rt Covid-19 di Kabupaten Luwu Utara.

“Persentase swab massal di perkantoran masih jauh dari target, tapi kita terus mengimbau pegawai agar mau membantu menurunkan angka positif rate (Pr) dan reproduksi efektif (Rt) dengan cara mengikuti swab massal,” kata Komang, Rabu (11/11/2020), di Masamba

Komang menyebutkan, masih tersisa enam PD yang belum diswab. Keenam PD itu; DP2KB, Disnak Keswan, Dinas Dukcapil, Badan Kesbangpol, Bapenda dan Satpol PP. Masih adanya PD yang belum diswab, Pjs Bupati Iqbal Suhaeb memerintahkan TGC untuk menjadwal ulang.

“Silakan TGC dijadwal ulang Perangkat Daerah yang belum dilakukan swab test, biar semuanya rampung, dan kita lihat hasilnya nanti. Semoga swab massal di perkantoran bisa membantu kita untuk keluar dari zona orange menuju kuning, bahkan hijau,” jelas Iqbal Suhaeb.  

Terkait masuknya Lutra ke zona hijau seperti yang diberitakan media, baik cetak maupun daring, Jubir Komang Krisna mengaku masih menungggu informasi resmi dari Satgas Provinsi. “Kita masih menunggu info resmi, karena ini wewenang provinsi. Jika memang kita zona hijau, wajib dipertahankan dengan cara disiplin protokol kesehatan,” tandasnya.

Untuk kasus harian Covid-19 per hari Rabu 11 November 2020, tidak ada penambahan kasus, sehingga total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Luwu Utara sebanyak 368, dengan rincian 323 sembuh, 26 isolasi mandiri, satu wisata Covid-19, dan 18 meninggal dunia. (LH)