Keterangan: "Pembukaan STQH ke X Tingkat Kabupaten Luwu Utara"
Berita IKP Sabtu, 23 Maret 2019 Dibaca 85 Kali
Bupati Indah Buka STQH X, 2000 Penghafal Quran Tersebar di Luwu Utara

Luwu Utara, -- Seleksi Tilawatil Quran Hadits (STQH) X Tingkat Kabupaten Luwu Utara resmi dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Sabtu (23/3) di Aula Hotel Bukit Indah Masamba yang bakal berlangsung hingga 25 Maret 2019, mendatang.

Dari laporan Ketua Panitia, Andi Sarappi STQH terbagi dalam tiga cabang lomba yakni tilawah, hifzil, dan musabaqah hadits.

"Cabang Tilawah meliputi golongan anak-anak, golongan dewasa putra-putri, cabang Hifzil; golongan 1 juz dan tilawah, golongan 5 juz dan tilawah, golongan 10 juz tilawah, golongan 20 juz putra-putri, golongan 30 juz, dan cabang Musabaqah Hadits Nabi 100 putra/putri. Adapun hasil dari STQH akan mewakili Luwu Utara pada tingkat Provinsi yang bakal dihelat di Toraja (23-28, April 2019) mendatang," papar Andi Sarappi yang juga Asisten Pemerintahan dan KESRA.

STQH tersebut menurut Bupati Indah, merupakan upaya menjabarkan visi regilius, maka bidang pembangunan agama mempunyai peran strategis.

"Atas nama Pemda dan Ketua Umum LPPTQ Luwu Utara, kami ucapkan terimakasih sekaligus apresiasi atas terselenggaranya giat ini utamanya pada Kemenag Luwu Utara yang mengalokasikan dana hibahnya. Pada dasarnya STQH bagian dari evaluasi sejauh mana pembinaan yang dilakukan di pesantren-pesantren dan lembaga pendidikan lainnya," tutur Indah yang juga Ketua Umum LPPTQ Luwu Utara.

Dari data yang diterima, Indah menuturkan ada sekitar 2000 lebih hafidz/hafidzah (penghafal quran) yang tersebar di Kabupaten Luwu Utara.

"Saya dilaporkan di pesantren Balebo saja sekitar 200 orang hafal 5 juz. Artinya target kita 1 desa 1 hafidz sudah terlampaui. Tentu kita berharap nantinya akan didistribusikan ke masjid-masjid di Luwu Utara yang jumlahnya 667 unit," terang isteri dari Muhammad Fauzi ini.

Turut hadir pada giat tersebut unsur Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, pimpinan SKPD, pimpinan instansi vertikal, dan para kabag. (Rn)