Keterangan: "Suwarjiman saat menunjukkan kelinci miliknya kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani"
Berita IKP Selasa, 15 Februari 2022 Dibaca 438 Kali
Suwarjiman Tetap Produktif, Bupati: Saya Ambil Banyak Pelajaran

Luwu Utara — Suwarjiman (70) tetap produktif di usia senja. Warga pindahan yang selama setahun belakangan berkartu tanda penduduk Luwu Utara ini tinggal di Desa Tolada Kecamatan Malangke.

Ia seorang diri menggarap lahan milik orang yang mempekerjakannya.

“Saya punya anak satu tinggal di Jakarta, tapi tidak pernah komunikasi lagi. Sehari-hari saya berkebun dan memelihara kelinci,” kata Suwarjiman saat bercerita langsung kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Selasa (15/2/2022).

Suwarjiman yang lahir pada tahun 1952 silam ini juga menuturkan terima kasih. Ia pun meminta didoakan langsung oleh orang nomor satu di Luwu Utara.

“Saya terima kasih kepada ibu bupati. Saya minta empat doa, satu panjang umur, kedua diberi kesehatan, ketiga kekuatan, dan keempat teguh iman. Insya Allah,” tutur Suwarjiman yang akrab disapa Pakde.

Terkait penanganan tempat tinggal Suwarjiman yang bersebelahan dengan kandang kelinci, Bupati Luwu Utara langsung menginstruksikan kepada dinas terkait bersama Pemerintah Desa untuk segera melakukan assesment di lahan yang akan dihibahkan Kepala Desa Tolada.

“Rumah yang akan dibangunkan untuk pakde nantinya di lahan yang akan dihibahkan oleh Kades Tolada karena lahan saat ini bukan milik Pakde Suwarjiman, melainkan lahan garapan. Kami juga terus melakukan pendekatan untuk penanganan lebih lanjut misalnya dengan mendapatkan perawatan di Balai Rehabilitasi Sosial Lansia Gau Mabaji milik Kemensos RI yang bekerjasama dengan Pemda. Pada dasarnya Pakde Suwarjiman bersedia, dengan catatan kalau Ia sudah tidak sanggup lagi bekerja,” terang Indah.

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini menuturkan mengambil banyak pelajaran dari Pakde Suwarjiman yang tetap produktif meski di usia senja.

“Kami banyak bercerita dan mengambil banyak sekali pelajaran. Salah satunya meski Ia tinggal seorang diri dan kadang merasa kesepian, Ia percaya bahwa ada Allah bersamanya. Pakde juga tetap semangat bekerja karena katanya kita tidak boleh selalu mengharap bantuan dari orang lain,” jelas ibu dua anak ini.

Ia juga berpesan agar mendoakan pakde sehat selalu dan punya kesempatan untuk kembali  berkomunikasi bahkan bertemu langsung dengan anaknya.

“Dan untuk kita yang masih memiliki orang tua, temui, peluk, bahagiakan, dan dapatkan berkah doanya,” pinta Indah.

Hadir mendampingi bupati, Plt. Kadis Sosial Ari Setiawan, Dinas PUTRKP2, Sekcam Malangke, dan Kades Tolada. (Rn)